Pengaruh Budaya Asing bagi Generasi Muda

    Seiring dengan masuknya era globalisasi, banyak sekali budaya-budaya luar yang masuk ke Indonesia. dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat juga memudahkan budaya-budaya asing tersebut masuk ke Indonesia secara bebas tanpa adanya filterisasi. Pada umumnya generasi muda Indonesia sangat mengikuti trend apa yang sedang hangat atau sedang populer di dunia, tetapi mereka belum bisa memilih mana yang sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku dan mana yang tidak sesuai dengan aturan serta norma yang berlaku di Indonesia.

    Generasi muda kini seakan-akan tidak menghiraukan norma-norma yang berlaku. kenyataan yang terjadi saat ini banyak remaja yang melakukan penyimpangan-penyimpangan yang sudah tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di indonesia. Kemudahan mengakses budaya asing serta kemudahan masuknya budaya asing  tanpa ada filterisasi membuat usia muda rawan tergoda dengan hal-hal yang bisa membahayakan dirinya. Seperti banyaknya blue film yang masuk ke indonesia, permasalahan ini sangat berdampak negatif bagi masyarakat khususnya kalangan remaja.

        Seiring berkembangnya zaman, menimbulkan perubahan pola hidup masyakat yang lebih modern. Akibatnya, masyarakat lebih memilih kebudayaan baru yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal.Budaya asing masuk ke Indonesia membawa berbagai macam pengaruh, yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Salah satu contoh yang dapat dilihat dari sisi negatif kebudayaan asing yang datang ke Indonesia adalah gaya hidup orang asing,mulai dari cara berpakaian kurang sopan yang seharusnya tidak digunakan sampai dengan cara bergaul mereka.

A. Faktor yang Mempengaruhi Masuknya Budaya Asing

    1. Faktor Internal

  • memiliki semangat yang tinggi dan energi yang besar pada bidang tertentu 
  • ide-ide kreatif terus bermunculan
  • memiliki rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya
    2. Faktor Eksternal

  • Perkembangan teknologi dan media
  • pergaulan
  • kondisi lingkungan sekitar     
B. Dampak Positif dan Negatif Masuknya Budaya Asing

    1. Dampak Positif
  • Pertukaran Budaya Memberi kesempatan remaja untuk menambah wawasan tentang budaya
  • Meningkatkan Inovasi remaja
  • Munculnya Budaya baru
    2. Dampak Negatif

  • Kesenjangan sosial dikalangan remaja
  • Hilangnya rasa nasionalisme
  • Menurunnya nilai budaya lokal
C. Cara Mengatasi Dampak Negatif Masuknya Budaya Asing    

    Mengatasi pengaruh negatif dari budaya asing dikalangan generasi muda yaitu dengan cara memilih atau memfilter budaya-budaya asing yang masuk ke indonesia dengan bijak dan sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Serta bagi generasi muda harus lebih banyak mengenal dan mempelajari budaya-budaya lokal sehingga akan tertanam rasa cinta akan budaya sendiri. Peranan orang tua juga sangat dibutukan untuk mengawasi dan memberikan saran kepada anaknya agar tidak salah untuk memilih budaya asing mana yang cocok di Indonesia (dalam artian sesuai dengan norma yang berlaku).



Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurangnya Kesadaran Membuang Sampah Pada Tempatnya

Keamanan Sistem Operasi

Program Jahat pada Komputer