Berusaha Mencintai Diri Sendiri

    Cinta adalah suatu emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi.Cinta dapat dirasakan oleh semua orang, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah tingkah laku yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

    Namun demikian, banyak orang yang tidak paham dengan arti cinta yang sebenarnya. Terkadang orang-orang hanya tahu cintai itu akan terbentuk apabila dua atau lebih orang yang saling memberikan kasih sayang dan perhatiannya. Nyatanya cinta juga dapat diungkapkan atau dirasakan pada diri sendiri atau yang biasa disebut self love. Selain mencintai pasangan, orang tua, dan sahabat. Kita juga harus mencintai diri sendiri hal itu sangat penting karena kita bisa menghargai, menghormati, dan memahami diri sendiri. Kita bisa realistis dan jujur pada diri sendiri tentang kekurangan dan kekuatan kita, dan menjadi diri sendiri dengan nyaman serta percaya diri. 

    Belakangan ini banyak orang yang kian sulit untuk mencintai atau menghargai diri sendiri yang disebabkan oleh rasa iri pada pencapaian orang lain atau bahkan disebabkan oleh perkataan orang lain yang mengakibatkan seseorang tidak percaya diri didepan orang lain. Berikut hal-hal yang dapat membuat diri kita mencintai diri sendiri.

 1. Percaya Diri

    Banyak yang merasa minder karena mereka tak percaya bahwa mereka terlahir sempurna. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengakui kekurangan diri sendiri dan berusahalah untuk mengasah kelebihan yang kita miliki. Sebab, dua hal ini adalah sebuah penyeimbang di dalam diri. Percaya kepada diri anda bahwa mampu dan bisa untuk menaklukkan tantangan atau menggapai sesuatu. Tanamkan pada diri kita bahwa kita berharga dan berhak untuk sesuatu yang baik. Mulailah untuk membiasakan percaya diri kemanapun dan dimanapun kita berada.

2. Memaafkan Kesalahan Diri Sendiri

    Setiap orang dapat melakukan kesalahan setiap harinya, serta dalam berbagai hal termasuk dalam percintaan. Untuk dapat mencintai atau menghargai diri sendiri kita harus lebih dulu memaafkan kesalahan diri kita sendiri. Hal itu dapat membuat kita belajar dan tumbuh dari kesalahan yang pernah kita lakukan.

3. Melakukan Hal yang Disukai

    Melakukan hal-hal yang kita sukai seperti berlibur kesuatu tempat, menonton film, melakukan olahraga yang kita sukai, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat memberikan diri sendiri ruang untuk mengekspresikan diri. Hal ini penting karena bisa membuatnya berkarya dengan lebih jujur. Melakukan hal yang kita sukai juga dapat membuat diri kita merasa lebih bahagia serta kita dapat melupakan hal-hal negatif tentang diri kita.


    Ketiga hal tersebut sangat penting dilakukan agar kita dapat mencintai diri kita sendiri dan membuat kita merasa lebih percaya diri serta membuat kita tidak mudah iri terhadap suatu pencapaian orang lain. Oleh karena itu mencintai diri sendiri lebih diutamakan dari pada mencintai orang lain, sebab mencintai diri sendiri dapat membangun kepribadian yang baik.




Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Cinta

https://womantalk.com/friendship/articles/apa-itu-self-love-dan-5-cara-untuk-mencintai-diri-seutuhnya-dalam-segala-kondisi-DGvzm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurangnya Kesadaran Membuang Sampah Pada Tempatnya

Keamanan Sistem Operasi

Program Jahat pada Komputer