Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Dalam Diri

     Tanggung jawab adalah suatu kewajiban menanggung segala sesuatu bagi setiap manusia. Sehingga bertanggungjawab adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, dan menanggung akibat dari suatu pilihan. Tanggungjawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggungjawab juga juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Seseorang mau bertanggungjawab karena ada kesadaran atau keinsafan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain.

    Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai wujudan kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab merupakan bagian dari manusia, setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila seseorang tidak melaksanakan sebuah tanggung jawabnya maka akan ada orang lain yang memaksa untuk melakukan tanggung jawabnya bahkan dapat dikenakan sanksi apabila lalai dalam melaksanakan tangggung jawab. Atas dasar ini terdapat beberapa jenis-jenis tanggung jawab, sebagai berikut :

    1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

        Tanggung jawab terhadap diri sendiri ialah tuntutan bagi seseorang untuk melakukan kewajibannya sendiri serta  bijak dalam mengambil suatu keputusan dalam kehidupan. Apabila manusia dapat melaksanakan tanggung jawab terhadap diri sendiri sengan baik maka manusia dapat memahami tujuan hidup supaya langkah untuk dikerjakan lebih terfokus. Yang terpenting dari semua itu adalah berpikir dan bersikap positif walau apapun yang terjadi. Kesuksesan dimasa depan tidak terkait erat dengan latar belakang maupun latar depan. Keadaan dalam merespon keadaan menentukan tingkat keberhasilan seseorang.

    2. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan

        Tuhan menciptakan setiap manusia dengan rasa tanggung jawab, sehingga dalam menjalakan kehidupannya manusia tidak terlepas dari rasa tanggung jawab. Tuhan memberikan perintah serta memberikan larangan bagi setiap manusia, hal tersebut merupakan tanggung jawab manusia kepada Tuhan. Apabila manusia mengerjakan perintahnya maka pertanggung jawabannya dilaksanakan dengan baik. Begitupun sebaliknya, apabila manusia meninggalkan perintah Tuhan, maka manusia juga meninggalkan tanggung jawabnya terhadap Tuhan. Kelak semua yang dilakukan manusia dimuka bumi ini akan dimintai pertanggung jawabannya.

    3. Tanggung Jawab Terhadap Bangsa/Negara

        Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat olah norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semau sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara. Pendidikan merupakan salah satu dari contoh bentuk tanggungjawab masyarakat atau lebih khususnya pelajar terhadap bangsa dan negara. Karena pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang terbaik bagi bangsa dan negara


    Ada beberapa cara untuk menanamkan rasa tanggung jawab dalam diri sendiri agar manusia menjadi pribadi yang lebih bijak dan baik dalam mengambil segala keputusan yang di pertanggung jawabkannya. Beberapa cara tersebut yaitu :

    1.  Memahami Apa Arti Sebuah Tanggung Jawab

        Langkah awal dalam menanamkan rasa tanggung jawab pada diri kita sendiri yaitu dengan memahami apa arti dari sebuah tanggung jawab itu sendiri. Apabila kita memahami apa arti dari sebuah tanggung jawab maka kita perlahan akan melaksanakan apa yang kita tanggung jawabkan.

    2. Tumbuhkan Disiplin Diri

        Agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab pastikan menerapkan sikap disiplin. Kamu harus dapat memahami bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan dan kapan pekerjaan dapat dikatakan selesai tepat waktu. Sebab hal itu melatih diri kita agar tidak membuang-buang waktu hanya untuk bersenang-senang saja, sehingga kita dapat melakasanakan tanggung jawab yang diberikan. Dengan mendisiplinkan diri sendiri berarti manusia telah mampu menentukan target dan mencapainya tanpa teralihkan. 

    3. Mencintai Diri Sendiri

        Salah satu kunci untuk membangun kualitas diri adalah dengan membangung sikap tanggung jawab pada diri sendiri. Dengan mencintai diri kita apa adanya maka rasa tanggung jawab untuk menjaga dan mengembangkan potensi dalam diri kita akan lebih maksimal, baik secara fisik maupun mental.

    4. Memperbaiki Kesalahan Diri

        Memperbaiki kesalahan pada diri sendiri adalah cara yang lebih baik untuk bertanggung jawab. Cara ini bisa dimanfaatkan sebagai pengalaman belajar yang sangat berharga untuk mengubah diri sendiri. Dimasa depan kita dapat memastikan bahwa diri ini tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

    5. Belajar Memecahkan Masalah Sendiri

        Setiap kehidupan kita selalu diberikan beberapa pilihan dalam menyelesaikan sebuah masalah. Dengan belajar bagaimana cara memecahkan sebuah masalah tersebut, kita akan terlatih bahwa setiap keputusan yang kita ambil dalam memecahkan masalah akan ada hal yang harus dipertanggung jawabkan. Sehingga diri kita terbiasa dengan sebuah pertanggung jawaban.




Sumber :

https://zaqiatulwp.wordpress.com/2017/05/07/cara-menumbuhkan-sikap-tanggung-jawab-di-dalam-diri/

https://10menit.wordpress.com/tugas-kuliah/ilmu-budaya-dasar-manusia-dan-tanggung-jawab-bab9/#:~:text=Tanggung%20jawab%20adalah%20kesadaran%20manusia,Seorang%20mahasiswa%20mempunyai%20kewajiban%20belajar.

https://yogiearieffadillah.wordpress.com/2013/06/04/makalah-manusia-dan-tanggung-jawab/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurangnya Kesadaran Membuang Sampah Pada Tempatnya

Keamanan Sistem Operasi

Program Jahat pada Komputer